Coba saya tanya siapa yang pingin jadi surveyor di perbankan. Kalau kita lihat tempat kerjanya yaitu di perbankan, tentu sich banyak yang pingin kerja di sini. Yang nama nya juga jadi orang kantoran apalagi di bank,yang identik dengan tempat bersih, tempat yang megah, apalagi gajinya udah deh jangan di tanya pasti gede banget lebih dari cukup. Meskipun BPR tapi tidak kalan juga dengan bank-bank BUMN, bahkan bisa anda mendaptkan gajih di BPR melebihi daripada bank bumn.

Surveyor, tentu saja identik dengan cara kerja kita di lapangan melakukan survey atau pemeriksaan data yang kita peroleh dari kantor dicocokkan dengan kenyataan. Apakah data nasabah yang kita miliki itu sama dengan kenyataan atau ada yang tidak sama. Ketidaksamaan data bisa data itu dikurangi daripada kenyataanya atau juga data itu dilebih-lebihkan dari kenyataanya. Nah inilah tanggung jawab kita.

Kerja jadi surveyor di perbankan BPR KS di awali dengan awal bulan tanggal 3,4,5 kita akan mendapatkan data nasabah dari kantor yang harus kita kroscek, harus kita survey ke lapangan. Biasanya jumlah data itu minimal 10 nasabah yang harus diselesaikan pada bulan itu juga. Karena pada bulan berikut-berikutnya, kita akan mendapatkan data lagi yang berbeda.

Besoknya langsung kita datangin tuh satu persatu atau kita jadwalin deh pada hari kita harus mendata mensurvey 2 nasabah si A dan si B. Nah kamu datangin langsung, tapi jangan ke nasabahnya atau kerumah nasabahna atau juga ke keluarganya nasabah. Karena kata mau mencocokan data apakah benar atau salah, maka kita datangan beberapa tetangganya ya minimal 3 namam tetangga yang agak berjauhan. Kita tanyakan tuh data yang kita miliki ke tetangga itu.

Kalau kita malu nih, biasanya kita tanya ke pedagang, kan enak tuh sambil ngopi. Jadi antara pedagang dengan kita surveyor saling diuntungkan. Kita surveyor dapat data, sedangkan pedagan gitu dapat uang dari makanan yang kita habisin. Tapi ingat bro nanyanya jangan terlalu serius, nyantey aja. Nah kemdian kita cari tetangga lain, kita tanya ulang data tadi, tapi secara ringkas aja jangan sampai rinci banget. Karena tetangga juga bosan tuh di tanya terus. Nah udah gitu aja kerja surveyor.